Bulan 14

The Moon and the HALO at Ramadhan 14, 1437 ‘ / June 18, 2016

The Moon & Halo or some people called The Lunar Ring its happen in my country at June 18, 2016 or Ramadhan 14, 2016. In Islamic year the change of the day happen at Twilight or Magrib people also called The Change of The Day – Day become Night.

_____________________________________

“Tuan tengoklah keluar, ada lingkaran serupa ~halo~ di sekitar bulan..” ujar adik perempuan kami tatkala ia baru pulang dari lepaunya. Kami terkejut sebab sangkaan kami malam ini berawan karena sehari tadi mendung saja. Namun tidak rupanya, tatkala kami tengok ke luar, benar adanya, bulan hampir penuh di langit malam. Sungguh indah, kesal kami karena tiada jadi ke Jam Gadang petang hari tadi.

Hari ini ialah hari ketiga belas bulan Ramadhan – apabila kita mengambil sudut pandang dari penanggalan Georgian/Matahari –  namun tidak demikian sebenarnya. Semenjak berbuka tadi yakni ditandai dengan masuknya waktu Magrib maka hari telah berganti, tanggal telah beralih dimana malam ini ialah tanggal 14 bukan lagi tanggal 13. Berlainan dengan penanggalan masehi dimana tanggal berganti pada pukul 12 tengah malam, pada penanggalan Islam tanggal berganti disaat pertukaran Siang menjadi Malam yakni pada waktu Magrib.

Kami heran karena setahu kami bulan 14[1] ialah bulan penuh (purnama), tapu nan kami dapati malam ini masih belum, masih kurang penuh ia. “Mungkin itu suatu pertanda tuan kalau puasa kita tahun ini berumur 30 hari..” jawab adik perempuan kami.

Bundapun mengamini “Kalau 29 umur bulan maka pada tanggal 14 penuh ia namun kalau 30 umurnya maka pada tanggal 15 penuh ia..”

Apakah benar demikian bahwa 30 tahun umur puasa kita tahun ini, entahlah. Kami sekeluarga bukanlah Ahli Falak, apakah benar demikian? kami tiada pula tahu. Namun nan pasti, keesokan harinya bulan telah penuh, walau terkadang awan berlalu-lalang diantara kami berdua.

____________________

Catatan Kaki:

[1] Bulan 14 ialah sebuah istilah yang menyatakan umur bulan telah empat belas hari. Umur bulan ini diukur berdasarkan penanggalan Hijriyah dimana tanggal satu dimulai ketika bulan masih terlihat sangat kecil (bulan sabit) kemudian puncaknya ialah pada tanggal 14 atau 15 dimana bulan penuh tak terhalangi permukaannya apabila dipandang dari bumi. Dan akan kembali mengecil sampai akhir bulan.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.