Kenangan Puasa 2024

Gambar: genmuslim

Bulan puasa selalu meninggalkan kenangan di hati kita umat muslim yang mengerjakannya. Berbagai macam bentuk kenangan tersebut, bagi kami vibes bulan puasa memang sangat berbeda dan sangat dirindukan. Salah satu yang merekam dengan baik ialah iklan, terdapat dua iklan kesukaan kami yakni iklan Ramadhan dari Djarum dan operator seluler Axis.

Ditahun 2024 ini kami berjumpa dengan sebuah seri yang dibuat oleh salah satu produk (Kahf) perawatan tubuh untuk lelaki. Seri ini berjudul ‘Demi Masa’ memiliki 3 episode dengan lama tiap episode kurang lebih 15-18 menit.

Semula kami mengira kalau drama ini merupakan drama yang pernah kami tonton dimasa bulan puasa tahun 2000an dahulu. Dibuat dan dibintang oleh Deddy Mizwar dan Raslina Rasyidin. Mengisahkan orang kaya yang memutuskan menjalani hidup sederhana sebagai tukang perbaikan jam dan tinggal di kampung bersama anak dan isterinya.

Rupanya hanya judulnya sahaja yang sama namun ceritanya berbeda. Dan kami terpikat dengan suasana yang menyelimuti tiap adegan, ada ketenangan dan kelembutan. Tidak ada dialog yang berteriak atau menunjukkan emosi berlebihan. Sang bintang utama Rio yang diperankan oleh Bryan Elmi Domani berpembawaan tenang dan tak pernah menunjukkan emosi berlebihan. Dia selalui mengiyakan (yes man) setiap pelanggan yang datang memberi pekerjaan pada dirinya.

Kami tak hendak mengisahkan disini mengenai Rio dan ayahnya karena seri ini mengisahkan hubungan diantara mereka berdua. Sang ayahpun berpenampilan dan berpembawaan tenang pula, sama seperti anaknya. Dengan caranya sendiri menunjukkan kasih sayang kepada anak tungga babeleng[1] nya itu. Sebagai laki-laki, kisah mereka memberi kesan mendalam kepada kami.

Seri ini menjadi kenangan yang tak terlupakan pada puasa tahun ini (1445/2024) sama dengan media-media lain yang telah menyimpan kenangan puasa kami tiap tahunnya. Mari tuan, engku, rangkayo, serta encik tonton pula..

Episode 1 : Lapang Sebelum Sempit

Episode 2 : Sehat Sebelum Sakit

Episode 3 : Hidup Sebelum Mati

====

Catatan kaki:

[1] Semata wayang

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.