Si Poyok & Si Jahanam

Picture: https://id.pinterest.com

Kenapa sadar selalu terlambat?

Disaat belati itu telah dihujamkan berkali-kali, namun Si Dungu itu tiada faham jua. Ia masih tetap percaya dan menaruh pengharapan. Suatu perbuatan yang sia-sia, berkali-kali ia dihujam dan masih tetap percaya. Tanda-tanda telah diperlihatkan namun ia tak perhatikan. Kini, ia dibunuh diam-diam oleh poyok yang selama ini dipercayainya.

Telah didengarnya pengajaran “Seseorang dinilai dari dengan siapa yang berkawan..” namun ia serupa orang kena nujum Si Jundai. Bermata tapi tak melihat, akalnya seakan tak berjalan, dan hatinya tertutupi. Entah karena ia terlalu baik atau terlalu dungu.

Poyok itu berkawan dengan orang-orang yang semenjak mula kehadirannya di bandar ini memusuhi dirinya. Ada perasaan janggal dan kecewa merasukinya namun bak kena sihir ia kembali berbaik sangka tak menaruh curiga barang sedikitpun. Padahal tak hanya satu, boleh dikata semua jahanam yang memiliki hasad berkawan dengan poyok itu.

Dan yang paling mengejutkannya, salah seorang jahanam itu mendapat tempat khusus dihati Si Poyok. Pernah suatu ketika mereka menghilang disebuah pantai pada tengah malam di Pulau Seberang. Ada perasaan marah yang merasukinya saat itu, namun sirna keesokan harinya.

Jahanam yang telah menikamnya berkali-kali selama lebih dua tahun, dan Si Poyok yang menikamnya dalam masa hampir tujuh tahun. Berdua mereka telah mempecundangi Si Dungu. Dan Sang Pemilik Alam belum hendak menunjukkan kuasa dan keadilannya atas Si Dungu. Entah masih ada pelajaran yang hendak diberikan atau kesabarannya perlu diuji lebih jauh?

Dan kepura-puraan itu tiada dapat bertahan lama. Kini, entah karena sebab apa ia dicampakkan. Entah karena terancam atau ada hal lain yang sekadar dugaan?

Apakah sihir Si Poyok itu tiada mempan lagi pada dirinya? Atau ia memang tak lagi dibutuhkan sehingga saatnya membuang Si Dungu ini ke tempat yang semestinya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.