Bersua kawan baru

Picture: https://twitter.com

Tiba menjelang tengah malam, mendapat kawan sekamar satu pulau dan agaknya ini menentukan hari-hari kami tiga hari ke depannya. Dari namanya agaknya ia berasal dari pulau ini, dan memang blesteran ia, ayahnya Melayu bundanya berasal dari Bandar Sulthan ini. Pernah berkuliah di bandar ini selama lima tahun, kini menjadi kuli negara di kampung halaman ayahnya tempat ia dibesarkan.

Periang, suka melawak (humoris), dan pandai bergaul. Nasibnya sebagai kuli negara tak pula mulus, pernah diberhentikan dari jabatannya dan kemudian diangkat kembali. Kalau kami pandang-pandangi, mukanya itu serupa dengan seorang pelawak di Batavia yang bernama Peppy demikian pula dengan badannya yang subur. Bedanya rambutnya lebat yang telah banyak uban, dan janggutnya kurang panjang. Sifatnya santai, tak banyak nan dicemaskan, suka bergurau, dan mudah bergaul, serta menyenangkan.

Esoknya, kami tak sengaja duduk bersebelahan dengan seorang pemuda yang berasal dari salah satu ibu negeri Kerajaan Mataram. Tatkala pertama bersua, raut wajahnya mengingatkan kami pada pelawak lain yang juga berasal dari bagian barat pulau ini. Namun dalam versi yang lebih muda, lebih gagah, dan lebih pintar tentunya. Telah menikah dengan mendapatkan seorang anak lelaki.

Ada lagi satu orang, namun kami tak kenal betul, bertukar sapa saja mungkin hanya sekali. Berusia sekitar empat puluhan, berkulit sawo matang, badan subur dengan perut agak mengelembung keluar, rambut disisir ke belakang, dan kacamata khas orang-orang tahun 1990an. Sekilas wajahnya itu serupa dengan wajah seorang pengacara asal Pulau Andalas yang kaya raya serta akhir-akhir ini menjadi lebih terkenal karena memandu sebuah acara di televisi serta aktif di instagram.

Demikianlah, sungguh pelatihan nan aneh namun kami sangat menikmatinya. Bersyukur kami..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.