Tersorong kata

Picture: https://abstract.desktopnexus.com

Banyak musibah berlaku karena mulut manusia yang tak terjaga, menjaga mulut sama payahnya dengan menjaga hati, walau milik sendiri tapi acap tak terkendali. Mengamalkan ajaran fikirkan apa yang hendak engkau katakan dan jangan katakan yang sedang terfikirkan itu memanglah tak semudah mengucapkannya.

Kami acap menyesal apabila sudah terlepas lidah nan beracun itu, minta maaf malu dan segan sebab terkadang perkara sepele. Namun bagi sebagian orang nan perasa akan selalu terfikirkan, tak hanya mulut orang yang terlepas pada dirinya melainkan juga mulutnya yang terlepas kepada orang.

Mungkin di hadapan kira orang itu masih berusaha berpura-pura, tidak mengubah perlakuannya kepada kita namun di dalam hati mereka kita tak pernah tahu apa gerangan nan berlaku. Ada orang yang pendendam dan ada pula orang yang tak mempermasalahkan setiap ucapan ataupun perbuatan orang lain kepada dirinya.

Terkadang diam itu ialah emas, namun apabila terlalu lama diam maka orang akan merasa kita tak acuh kepada dirinya. Bertukar gurauan dan cerita terkadang diperlukan dalam mempererat jalinan perkawanan. Sebab dengan bertukar cerita kita telah berusaha menyentuh lebih dalam bagian tertentu dari diri seseorang.

Banyak kami dapati, orang nan gemar berkisah, apakah itu pengalaman hidup, pendapat dirinya mengenai suatu perkara, atau sekadar mengabarkan suatu berita tampak lebih mudah bergaul dan memiliki banyak kawan. Terutama sekali orang yang suka bergurau, agaknya setiap orang mengenal dirinya.

Namun, setiap orang memiliki pembawaan berbeda-beda, bagaimana pula dengan pengalaman diri engku, rangkayo, serta encik sekalian?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s