Menikam hati sendiri

Picture: Instagram

Pernah kami membaca sebuah kisah ataupun menonton sebuah filem dimana diceritakan salah satu tokohnya memiliki tempat rahasia yang mereka gunakan untuk menyendiri agar tak digaduh oleh orang lain. Di tempat itu mereka mengerjakan apa nan mereka sukai, apakah itu membaca, menonton, bermain, dan lain sebagainya. Di tempat rahasia itu mereka menyimpan barang-barang yang mereka sembunyikan dari padangan orang lain, terutama anggota keluarga.

Ada yang berupa dengau (pondok) tua, ruang bawah tanah, rumah pohon, di atas loteng, tempat tersembunyi dalam semak ataupun hutan, di tepi tebing dimana pandangan mereka dapat lepas jauh sampai tepian cakrawala, dan lain sebagainya.

Di tempat yang sudah menjadi semacam sarang itulah mereka acap menghabiskan waktu, tak hendak di gaduh oleh sesiapapun jua. Hakekatnya ialah mereka ingin menenangkan diri, lepas dari segala permasalahan yang mengitari mereka dalam keseharian.

Bagi yang tak pandai menyalurkan hasrat mereka untuk mendapat ketenangan ataupun pelampiasan maka mereka cenderung menjadikan tempat lain sebagai pelarian. Sebut saja minuman keras, obat-obatan terlarang, main perempuan, ataupun berbagai perbuatan nan tak dapat dibenarkan sedikitpun baik dalam pandangan agama, adat, ataupun hukum negara.

Adapun bagi sebagian yang lain menemukan cara lain apabila tak dapat menemukan sarang yang cocok untuk menyendiri. Yakni dengan cara menyibukkan diri dengan pekerjaan, bahkan ada yang sampai melakukan pekerjaan di luar batas hanya demi melupakan permasalahan pelik yang di hadapi itu. Tujuan utama ialah mengalihkan segala fikiran nan telah menyiksa bathin.

Begitu sakitnya, hingga duka itu tak lagi terasai..

Bermacam-macam cara nan di tempuh, hendaknya cara nan baik jualah nan dikerjakan. Mengadili seseorang tanpa melakukan usul periksa terlebih dahulu bukanlah merupakan suatu perbuatan nan arif dan bijak.

Semoga kita semua dapat menjadi orang yang bijak dan berpandangan jauh ke hadapan..

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s