Rancak Di Labuah

PIcture: Instagram

Gaya hidup sudah menjadi kebutuhan nan mesti dipenuhi oleh sebagian orang pada masa sekarang. Tak peduli payahnya mencari uang, apakah itu uang halal ataukah haram, nan penting semua tercukupi. Pernah bilangan tahun nan lalu kami mendengar di berita di media sosial, seorang ayah nan berkeinginan membeli hape untuk anak gadisnya dengan menggunakan pecahan uang seribuan. Setelah ditanya oleh orang bahwa anaknya mengancam tak masuk sekolah apabila tak dibelikan hape.

Demikian pula bagi orang nan telah bekerja atau memiliki penghasilan. Berapapun uang nan didapatnya tiada pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan gaya hidupnya. Apa nan sedang menjadi kegemaran orang-orang di Betawi maka ia ikut pula. Gemar makan di kafe “Tagajai” maka iapun makan pula disana sambil mengambil foto selfie. Padahal harganya jauh lebih mahal dari harga makanan di lepau biasa, nan lebih mengherankannya lagi, makanannya tak jauh lebih nikmat dari makan di lepau.

Gaya berpakaian, mainan yang dimiliki (hape, tablet), perhiasan yang dipakai, ataupun kendaraan yang dikendarai menjadi ciri penentu apakah mereka orang yang ketinggalan zaman atau bukan. Gaya bahasa yang meniru-niru gaya bercakap anak-anak di Betawi menjadi kecenderungan (tren). Tengok saja di bandar negeri provinsi kami, bercampur antara bahasa Indnoesia, Minang, dan Gaul. Bagi orang yang tak terbiasa telinganya maka akan bedengung-dengung telinganya mendengar orang di bandar itu bercakap.

Berdo’a kami agar jangan sampai serupa itu pula gaya bercakap orang darek di tempat kami. Malu entah kemana muka ini hendak disurukkan mendengarnya.

Orang kampung kami punya perumpamaan untuk itu “Rancak Di Labuah” demikian namanya. Maksudnya ialah bagus pada kulit (sampul) saja adapun isinya tak karuan, tak berkualitas kata orang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s