Jambatan Kasih

Picture: https://justwrite-athing.tumblr.com/

Di penghujung cuti hari raya, kami pergi mengawani seorang kawan nan pulang dari rantau. Esok dia akan balik ke rantau nan bertuah itu. Semula kami bingung hendak membawa ia berplesir kemana karena mengingat seluruh tempat pelancongan di bandar ini telah kami kunjungi bersama. Akhirnya kami putuskan untuk berplesir ke tempat nan belum pernah kami kunjungi.

Di Nagari Guguak Randah, tak jauh dari Nagari Koto Gadang terdapat sebuah jambatan yang melintang di atas sebuah jurang nan cukup dalam. Jambatan ini menghubungkan dua nagari yakni Nagari Guguak Randah dan Guguak Tinggi. Semula orang hendak menamainya dengan nama Jambatan Guranti yang merupakan singkatan dari Guguak Randah dan Guguak Tinggi namun sebagian orang keberatan. Lalu ada pula usul hendak memberi nama Jambatan Bercinta dan usulan itupun ditolak oleh orang banyak “Bagaimana kalau jambatan itu dijadikan oleh orang muda sebagaia tempat bermaksiat?” Akhirnya orang-orang menamainya dnegan Jambatan Cinta dan tiada seorangpun mempersoalkan hingga kini.

Jambatan ini berupa jambata gantung, telah semenjak awla tahun dua ribuan dibuat oleh orang namun ketika itu bentuknya belum serupa sekarang, hanya dapat dilalui satu orang saja. Kemudian jambatan itupun diperbaiki orang hingga menjadi serupa sekarang bentuknya.

Semula kami mengira bahwa jambatan ini tiada boleh dilalui oleh kendaraan bermotor namun beberapa kali kami dapati pengendara onda[1] melintas di atas jambatan tersebut. Ketika kami datang jumlah pengunjung tak seramai yang kami kira. Mungkin karena sebagian besar perantau telah balik ke rantau atau mungkin jua karena jalanan ramai dan macet sehingga membuat orang enggan untuk datang.

Pemandangan disini cukup menarik, jambatan yang melintang di atas jurang, kawasan persawahan, Gunuang Marapi dan Singgalang, dan lain sebagainya.

______________________

Catatan Kaki:

[1] Motor

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s