Bumi & Langit

Picture: Instagram

Pada masa sekarang kami dapati sudah menjadi suatu gaya hidup bagi beberapa orang yang bekerja di kantor-kantor atau saudagar yang jarang menggerakkan badan mereka. Akibatnya badan mereka menjadi mudah terserang penyakit atau rangkik-rangkik (pegal-pegal). Maka berolah raga menjadi pemecahan untuk keadaan badan mereka yang rawan tersebut.

Pada beberapa bandar di negeri ini dapat dengan mudah kita dapati berbagai tempat kebugaran (fitness centre) tempat orang-orang nan jarang menggerakkan badan mereka itu untuk mengeluarkan peluh. Ada jua yang memilih memain futsal atau berbagai jenis olah raga nan lain. Untuk itu mereka mesti mengeluarkan beberapa rupiah demi menjaga kesegaran badan mereka.

Dilain pihak, sangat banyak kita dapati orang-orang nan bekerja banting tulang dalam mencari penghidupan untuk diri dan keluarga mereka. Terkadang tenaga nan dikeluarkan tak sebanding dengan rupiah nan didapatkan. Peluh telah banyak bercucuran namun nasi pengganti tenaga nan hilang itu tiada seberapa nan didapat untuk dimakan. Belum lagi biaya berbagai keperluan rumah tangga dan pendidikan anak.

Ini merupakan suatu perbedaan nan mencolok, suatu keadaan nan menurut kami belum didapat pemecahannya. Mungkin disinilah kegunaan zakat dan sedekah yang telah disyari’atkan oleh agama itu. Mengasah kepedulian kita, mengajari kita untuk menenggang rasa kepada orang nan kurang beruntung dari kita. Atau dengan kata lain mendidik sensitivitas kita terhadap orang lain dan lingkungan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s