Malu

Picture: Instagram

Tatkala mendapat gambar di atas kami merasa malu sekaligus salut dan kagum kepada kanak-kanak tersebut beserta kedua orang tuanya yang telah mendidik dirinya dengan sangat baik. Mendidik dan membesarkan seorang anak bukanlah perkara mudah, butuh kesabaran dan ketabahan bahkan para orang tua mesti banyak akal dan juga banyak ilmu.

Kami terkenang dengan wasiat AA Gym “Bangunlah rumah tangga itu dengan agama dan ilmu..”

Banyak kami dapati orang sekarang tatkala mereka memiliki anak, sangat bahagia dan snenang hati mereka. Namun seiring dengan bertambahnya usia si anak, anak nan semula lucu nan menggemaskan itu berubah menjadi anak nan banyak perangai, suka membuat kesal orang tua dengan berbagai kelakuan merekan nan susah diterka.

Ada nan mengata-ngatai, memukul, dan lain sebagainya. Sungguh malang kanak-kanak itu, karena mereka belum berakal, hanya mengikuti apa kata hati mereka nan masih bersih itu.

Bahkan ada nan lebih buruk, baru lahir langsung dibuang bahkan dibunuh dengan cara yang keji. Lebih jahanam dari itu ialah membunuh si anak tatkala masih berada dalam kandungan. Ada nan membenarkan ada pula nan menentangkan. Tapi tiada jadi soal, sekarangkan zaman kebebasan, semua orang boleh berucap dan berbuat sesuka mereka, merupakan hak asasi mereka.

Kata orang “Itu merupakan buah dari pendidikan orang tua mereka, bak kata pepatah air cucuran atap jatuhnya keperamban jua. Seorang anak yang tiada mendapat pengajaran yang cukup berlandaskan kepada nilai-nilai agama dan ada resam nan berlaku di negerinya maka akan tumbuh menjadi anak nan kurang pengajaran dan itulah nan dikatakan orang kurang ajar. Akibatnya anak mereka nan menanggung akibatnya, orang tuanya nan kurang didikan sudah dapat dipastikan bahwa anaknya lebih kurang pula dari orang tuanya. Dan terbayangkah oleh engkau bagai mana nasib anaknya, anaknya, dan anaknya lagi. Gelap masa depan generasi muda di negeri kita..”

Entahlah engku, sakit kepala kami memikirkannya..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s