Lupa Daratan

Picture: instagram

Kata orang hidup itu bagaikan roda pedati, sekali di atas sekali pula di bawah. Kata kawan kami “Tak pula sekali engku, berkali-kali ianya dan terkadang lama masanya..”

Memanglah benar demikian, orang-orang nan mengalami krisis kepercayaan diri karena ia terlalu lama berada di bawah. Kata orang nan kami lupa entah di koran mana ia tuliskan “Hal demikian karena orang-orang di sekitar menunjukkan kemajuan yang pesat dalam hal potensi diri. Sedangkan kita tiada demikian..”

Terkadang karena terlalu lama berada di bawah, akan amat payahlah bagi seseorang untuk bangkit menghadapi kemajuan dirinya yang pesat. Atau kalaupun tidak, ia berada di antara orang-orang yang memiliki kemampuan yang berada dibawah dirinya.

Beragam sikap orang apabila sudah berada di atas, ada yang biasa saja, ada pula nan lupa diri. Kami yakin sesungguhnya tiada bermaksud untuk bersikap angkuh, congkak, ataupun sombong mereka itu. Hanya saja lupa dengan keadaan diri mereka sebelumnya, hanyut dalam kebesaran diri sehingga memandang remeh orang lain.

Ada pula nan sengaja bersikap demikian demi membalas dendam atas apa yang dihadapinya dahulu. Kata kawan kami “Tak hanya untuk membelas dendam engku, mungkin ia bersikap demikian untuk menutupi kekurangan dirinya nan lain..”

Terkenang kami dengan ucapan seorang ahli kejiwaan kanak-kanak “Kanak-kanak nan nakal, suka menggaduh kawan bukanlah kanak-kanak yang pemberani melainkan kanak-kanak yang lemah lagi penakut. Ia takut kekurangan dirinya diketahui oleh kawannya..”

Agaknya pendapat demikian dapat kita terapkan pula kepada orang dewasa. Sebab sudah menjadi jamak pada masa sekarang perihal keberadaan orang dewasa nan kenak-kanakan. Apalagi bagi yang merasa memiliki banyak kekurangan dari rekan atau kawan, mereka acap menggunakan kelebihan diri mereka untuk menekan orang lain. Seperti menonjolkan kelebihannya sambil mencemooh ketidak tahuan kawan dengan perkara yang dikuasainya. Lupa ia, mungkin dalam satu perkara ia ahli namun dalam perkara lain ia amat buta.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s