Hormat Jenderal

Picture: https://www.instagram.com

Banyak yang menghujatnya namun kini mulai banyak kembali nan menyanjungnya. Seorang diktator bagi sebagian golongan, seorang penyelamat bagian golongan nan lain. Memang demikianlah selalu dalam hidup ini, akan selalu warna-warni. Sebagian ada nan dapat menerimanya, sebagian lagi amat gemas melihat apabila orang lain berselisih faham dengan dirinya.

Seorang manusia tentulah penuh akan kekurangan, namun banyak orang di luar sana menyanjung seorang manusia bak dewa yang turun dari khayangan. Katanya tiada boleh fanatik, tapi kini termakan omongan sendiri, menjilat ludah sendiri.

Seorang kawan sedang memberi hormat kepada Sang Jenderal. Padahal dia berasal dari salah satu daerah yang terkenal cukup merana dimasa pemerintahan Sang Jenderal. Tak ada rasa benci sedikitpun pada diri sang kawan itu. Dengan senang hati dan bangga ia meminta kami untuk mengambilkan gambarnya, sedangkan orang lain melihat dirinya dengan penuh tanda tanya. Tak mengapa, selepas sang kawan, orang-orang nan melihat dengan penuh tanda tanya itu mengambil pose serupa, hendak berfoto memberi hormat kepada Sang Jenderal.

Teringat kata mu dahulu jenderal “Yang benar akan tersingkap jua..” ketika itu engkau ucapkan hanya beberapa bulan menjelang kematian mu. Di atas tempat tidur, dengan tubuh lemah dan sambil memegang bantal, sang wartawan menanyai engkau. Dan dengan tersenyum engkau menjawab padahal badan sedang ringkih dan lemah.

Hormat Jenderal [] The Smiling General..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s