Sekoci, perahu

Picture: https://justwrite-athing.tumblr.com

Keluarga kami bukanlah keluarga tukang jahit namun di rumah orang tua kami terdapat sebuah mesin jahit pusaka peninggalan dari datuk kami yang merupakan mamak[1] dari bunda kami. Mesin jahit itu bermerek Singer masih diinjak dan digoyang dengan kaki pada bagian bawahnya. Telah beberapa kali dipindahkan dan digunakan bunda untuk memperbaiki pakaian yang tanggal benangnya atau sobek kainnya.

Dahulu ada satu bagian dari mesin jahit ini nan sangat memancing rasa ingin tahu kami. Setelah kami cari tahu rupanya nama bagian itu ialah Sekoci atau kalau kami tiada silap dalam Bahasa Melayu menjadi perahu. Kegunaan dari bagian ini ialah untuk meletakkan kumparan benang pada bagian bawah dari mesin jahit tersebut.

Itulah bagian nan kami dapati tatkala membongkar-bongkar barang beberapa pekan nan silam. Tatkala mendapatinya, ingatan kami kembali ke masa kanak-kanak dahulu, tatkala rasa ingin tahu masih menguasai diri, tangan masih cepat, dan akal masih singkat. Acap kami memain-mainkannya tanpa sepengetahuan bunda.

Kini benda kecil itu telah ada yang tanggal bangiannya dan bahkan ada nan berkarat. Tatkala kami tanya bunda apakah benda kecil ini masih dipakai, bunda jawab “Tiada dipakai lai..” maka kami selamatkanlah peninggalan masa kanak-kanak kami itu sekaligus salah satu pusaka keluarga kami. Siapa tahu kelak kami dapat mengumpulkan uang dan membuat sebuah museum keluarga,.. ^_^

____________________

Catatan Kaki:

[1] Saudara lelaki dari ibu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s