Passengers

Picture: http://www.space.com

Para Penumpang, demikianlah judul filemnya dibintangi oleh Nona Jennifer Lawrence dan Tuan Chris Pratt. Kami bermula tahu perihal Nona Jennifer ini di filem Hunger Games dimsana si nona nan jelita ini memerankan seorang gadis belia yang jago memanah dan disukai oleh dua orang lelaki. Adapun Tuan Chris kami kenali pada filemnya nan berjudul Para Penjaga Galaksi sebagai anak bumi yang diculik dan dibesarkan oleh preman dari luar angkasa.

Filem ini berkisah di tahun antah berantah disaat sebuah kelompok perniagaan raksasa (perusahaan) bernama Homestead menawarkan daerah perantauan (koloni) di sebuah planet yang letaknya 120 tahun perjalanan dari bumi. Maka ditawarkanlah daerah baru tersebut kepada yang berminat dan tentunya dengan harga yang tak murah. Di pesawat ruang angkasa yang bernama Avalon tersebut mengangkut sekitar lima ribu orang yang dipisahkan oleh kelas-kelas sesuai dengan harga tiket yang mereka beli.

Namun kami yakin tahun kejadian dari filem ini ialah jauh sebelum Star Trek sebab mereka masih menggunakan Teknologi Peniduran (hibernasi) dimana di zaman Star Trek teknologi tersebut telah kuno. Pesawat nan canggih, mewah, dan menawan inipun belum menggunakan Teknologi Wrap maka dari itu pada filem ini digunakan teknologi peniduran.

Disinilah letak kisahnya, dikisahkan pesawat luar angkasa yang sangat canggih ini dilengkapi dengan perisai daya yang dapat melindungi pesawat dari benda-benda langit yang menghalangi perjalanan pesawat. Perjalanan mulai terganggu karena salah satu meteor yang berukuran cukup besar tidak berhasil ditahan oleh perisai pesawat dan akhirnya berhasil menghantam badan pesawat. Serpihan meteor tersebut menembus hingga ke ruang Utama Komputer dimana Reaktor Pengendali Komputer terkena pecahan meteor tersebut. Akibatnya, pesawat berada diambang kehancuran dimana nasib sekitar 5.255 orang berada di tangan dua orang penumpang yang telah terbangun dari tidur panjang mereka. Tepatnya 90 tahun lebih awal atau 30 tahun semenjak keberangkatan dari bumi.

Filem ini bercerita perihal betapa merananya apabila kita hidup seorang diri, walaupun tercukupi semua kebutuhan namun apabila hanya ada kita seorang di atas dunia ini, akan serupa apakah jadinya? Filem ini memberikan jawapan tersebut.

Tuan Jim yang dilakoni oleh Tuan Chris terbangun lebih awal tepatnya 30 tahun setelah keberangkatan, hal ini karena terjadi kerusakan pada peralatan Kotak Tidur Panjang miliknya. Selama satu tahun ia melakoni hidup sendiri namun akhirnya dia menyerah, sempat memutuskan untuk bunuh diri namun diurungkannya. Sampai akhirnya dia bersua dengan seorang perempuan nan jelita, setahun setelah dirinya terbangun. Setelah berbulan-bulan mengalami pertentangan dalam dirinya akhirnya Tuan Jim memutuskan untuk membangunkan Nona Aurora yang diperankan oleh Nona Jennifer dari tidur panjangnya. Semula Nona Aurora tiada mengetahui musabab dirinya terbangun, alasan yang dikemukakan oleh Tuan Jim ialah karena terjadi kerusakan.

Rasa cinta yang sedang bermekaran itu akhirnya berubah menjadi kebencian oleh Nona Aurora kepada Tuan Jim. Membangunkan seseorang dari tidur panjang sedangkan lama perjalanan masih sekitar 98 tahun lagi sama dengan membunuh orang itu. Lama tak bertegur sapa akhirnya kemunculan Tuan Gus Mancuso meredakan selisih faham mereka. Sebagai awak pesawat Tuan Gus memiliki izin untuk memasuki seluruh ruangan di dalam pesawat termasuk ruangan pengendali dimana diketahui segala macam kerusakan yang terjadi akibat hantaman meteor dua tahun nan silam.

Akhirnya mereka bahu-membahu dalam usaha menyelamatkan pesawat, Tuan Gus akhirnya wafat karena penyakit yang dideritanya akibat kerusakan Kotak Tidur Panjang miliknya. Berdua Adam dan Hawa dalam versi berlainan ini berusaha menyelamatkan pesawat dari kehancuran. Agaknya cinta berhasil menjadi pemenang dalam filem ini.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s