Lupa dengan rasa

Picture: http://urdu-mag.com

Lima belas tahun nan silam, kenangan kami tiba-tiba melayang ke masa itu. Ada suatu peristiwa nan meninggalkan bekas tak hanya di hati melainkan juga di jari, jari telunjuk tepatnya.

Masa itu entah hari ke berapa bulan puasa, disaat sahur tepatnya, sebuah kemalangan menimpa jari telunjuk tangan kiri. Kena sayat oleh pecahan kaca, usah engku tanya serupa apa kejadiannya, nan pasti darahnya banyak dan bunda sampai pening melihat darah mengucur dari jari telunjuk itu. Sebagian kulitnya mengelupas serupa hendak tanggal.

Di kampung kami ada seorang bidan nan sangat terkenal, dari mana-mana orang sakit untuk berobat kepada dirinya. Pagi itu, disaat orang sedang asyik makan sahur, kami diantar ayahanda pergi berobat ke rumah sang bidan. Namun sang bidan menolaknya, lupa kami dengan alasannya, namun apapun alasannya bunda dan ayahanda yakin kalau itu hanyalah sekadar dalih. Tentulah kurang berkenan hati sang bidan sebab disaat dia sedang asyik sahur di gaduh dan kami yakin bahwa tak sekali dua kali ia digaduh orang sakit.

Semua orang butuh ketenangan, semua orang butuh waktu untuk diri dan dihabiskan bersama keluarga.

Namun agaknya hatipun ikut terluka, ayah dan bunda tiada dapat menerima. Semenjak saat itu, kami sekeluarga berhenti berobat ke tempat sang bidan, dan telah belasan tahun berlalu. Kedua orang tua kami lebih memilih berobat ke rumah seorang mantri di kampung sebelah yang letaknya lebih jauh dari rumah sang bidan, hingga kini, semenjak saat itu.

Mantri itulah nan menolong kami dahulu di pagi perak siang,.

Beberapa masa nan silam kejadian serupa tapi tak sama kembali terulang. Namun bedanya nan menjadi pihak nan mengecewakan ialah orang terdekat kami. Cemas kami dengan hukum karma, kata tuanku nan mengaji di surau “Do’a orang yang terzhalimi itu di dengar oleh Allah..”

 

Advertisements

One thought on “Lupa dengan rasa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s