Assasin Creed

Picture: https://www.forbes.com

Telah lama hati kami tertarik dengan filem nan satu ini, Agama Kaum Pembunuh judulnya. Ada filem animasinya dan kini filem dengan rasa nan lain. Disaat pertama kali melihat cuplikan filem tersebut kami merasa mengenal roman sang pelakon utama yang rupanya memerankan tokoh Magneto di filem X Man. Kini dia memerankan seorang keturunan Pembunuh dari Andalusia di abad pertengahan.

Bagi engku nan gemar memainkan gamenya tentulah tiada heran dengan mesin nan bernama Animus. Sebuah mesin yang dapat mengantarkan seseorang menyelami ingatan masa lalu dari nenek moyangnya. Sungguh ajaib sekali mesin itu, alangkah bagusnya kalau kami dapat mencobanya. Namun nan membuat kami bertanya-tanya sebagai orang Minangkabau, mesin itu dapat menelusuri ingatan nenek moyang seseorang dari pihak ayah apakah ingatan nenek moyang dari pihak ibu dapat pula ditelusuri dengan mesin ajaib ini?

Filem ini diangkat dari sebuah game nan berjudul sama nan dibuat oleh orang Kanada. Sedangkan orang Kanada ini mendapat ilham dari sebuah roman nan berjudul “Alamut” nan dikarang oleh orang Rusia. Namun kemudian kami dapati banyak tulisan nan membahas Assasin ini. Agaknya perkumpulan mereka yang berasal dari Sekte Ismailiyah yang merepukan salah satu sekte dalam Aliran Syi’ah telah memancing rasa ingin tahu banyak orang. Assasin sendiri merupakan pecahan pula dari Sekte Ismailiyah tersebut, pening pula kepala ini memikirkan banyak sekali pecahan dan cabangnya itu.

Filem ini mengakat kisah pencarian Apel Surga yang menurut kepercayaan Kaum Assasin dan Kaum Templar merupakan buah bertuah. Dalam filem ini Kaum Templar digambarkan sebagai kelompok yang arogan, kejam, dan rahasia. Berlainan dengan tulisan atau filem nan selama ini kami tonton dimana Kaum Templar digambarkan sebagai kesatria Perang Salib yang terlalu berkuasa sehingga mengancam kekuasaan Gereja dan kemudian dibubarkan oleh Paus dan diburu di setiap penjuru negeri. Demi melindungi diri dan rahasia yang mereka temukan di Tanah Suci (dalam hal ini Yerusalem) maka mereka menyembunyikan diri dengan membentuk organisasi rahasia serta lambang-lambang khas dimana hanya kaum mereka nan dapat menerjemahkan.

Di filem ini Kaum Templar masih merupakan kelompok rahasia dan melakukan ajaran kuno mereka yang rahasia lengkap dengan jubah dan tudung kepala di suatu aula. Bedanya ialah mereka telah menjadi suatu kelompok yang sangat berkuasa di bidang ekonomi, politik, dan ilmu pengetahuan. Dimana mereka memiliki salah satu perusahaan nan bernama Abstergo Industries.

Selain mencari Apel Surga untuk digunakan dalam menguasai dunia, Kaum Templar juga memburu keturunan Kaum Assasin. Agaknya kedua kaum ini telah menjadi musuh abadi dimana mereka saling bunuh dan menyerang. Dan ini membuat kami penasaran, bagaimanakah kaum yang lahir dari peradaban padang pasir dimana padang pasir sangat dibenci oleh Barat dapat tumbuh dan berkembang di dunia Barat?

Menarik hati kami tatkala mencari tahu perihal Buah Surga yang dibarat dimaknai sebagai Apel yang dimakan oleh Nabi Adam atas bujukan Siti Hawa. Orang Barat juga menjuluki buah ini dengan julukan Buah Pengetahuan dan pohonnya sebagau Pohon Kehidupan. Sedangkan dalam Islam buah tersebut dikenal dengan nama Buah Khuldi dimana hanya di surgalah tempat tumbuhnya.

Agaknya filem ini merupakan pengembangan dari khayalan (imajinasi) sebab menurut alur dari kisah di game diceritakan bahwa sebelum adanya manusia sekarang telah ada sebuah peradaban yang sangat maju yang dibangun oleh makhluk yang dikenal dengan sebutan “Dewa-Dewi”. Kemudian para dewa-dewi ini menciptakan sebuah benda yang dinamai dengan “Buah Surga” selepas itu mereka ciptakanlah manusia dengan menggunakan buah surga tersebut. Manusia diciptakan berdasarkab bentuk dari dewa-dewi tersebut. Menurut blog yang kami baca, manusia akan tunduk kepada para dewa-dewi tersebut selama mereka memiliki buah surga.

Maka pada suatu ketika, dua orang manusia yang mengetahui keberadaan benda bertuah tersebut memutuskan untuk memalingnya dan melakukan perlawanan terhadap pera pencipta mereka itu. Kedua manusia itu bernama Adan dan Hawa, walau lebih kuat dan sakti para dewa kalah jumlah. Pertempuran berakhir dikarena musibah besar datang (yang melibatkan matahari) para dewa memutuskan untuk berlindung ke dalam kuil. Bencana besar itu menginsyafi kedua kelompok ini untuk saling bantu dalam membangun kehidupan. Maka terjadilah percampuran antara Kaum Manusia dengan Kaum Dewa.

Buah surga hanya dapat digunakan oleh para dewa atau keturunan mereka, sebab buah tersebut hanya memberi tanggapan tatkala disentuh oleh orang yang DNAnya sesuai dengan DNA para dewa. Setidaknya kita tahu di akhir filem bahwa Dr. Allan Rikkin merupakan keturunan dewa sebab buah surga memberikan tanggapan tatkala dinggam olehnya.

Filem ini juga memberi tahu kita betapa kejamnya proses Penaklukan Spanyol oleh Aragon dan Isabella dan filem ini menggambarkan bahwa Sulthan terakhir Granada merupakan salah satu anggota Kaum Assasin yang mendapat kepercayaan menyimpan buah surga. Hal ini membuat kami bertanya-tanya, kalau buah tersebut dapat membuat seseorang atau kelompok orang begitu berkuasa lalu kenapa Sulthan Muhammad 12 dari Granada tidak menggunakannya dalam menghadapi Ferdinand dan Isabella?

Selain sudah jatuh hati dengan Assasin Creed hal lain yang menarik kami untuk menonton filem ini ialah kehadiran Sophia yang diperankan oleh pelakon perempuan asal Negeri Perancis nan bernama Marion Cotillard. Kami pertama kali mendapatinya di filem A Good Year yang dibintanginya bersama dengan Rusell Crowe.

________________________

Baca Juga:

https://sutrisnogt.wordpress.com/2014/02/23/anima-dan-animus/

https://id.wikipedia.org/wiki/Assassin’s_Creed_(film)

https://makingfootprint.wordpress.com/2015/05/07/resensi-alamut-tidak-ada-yang-benar-semuanya-diperbolehkan/

https://id.wikipedia.org/wiki/Syi%27ah

https://id.wikipedia.org/wiki/Ismailiyah

https://id.wikipedia.org/wiki/Assassin’s_Creed

https://makingfootprint.wordpress.com/2014/03/31/resensi-assassins-creed-3-the-secret-crusade/

http://bazdyahadi.blogspot.co.id/2012/02/assassins-creed-story.html

http://nuurislami.blogspot.co.id/2014/12/terungkap-tabir-misteri-buah-khuldi.html#!/tcmbck

https://id.wikipedia.org/wiki/Pohon_Pengetahuan_Tentang_yang_Baik_dan_yang_Jahat

https://id.wikipedia.org/wiki/Timur_Tengah

https://id.wikipedia.org/wiki/Muhammad_XII_dari_Granada

https://id.wikipedia.org/wiki/Marion_Cotillard

https://id.wikipedia.org/wiki/A_Good_Year

https://makingfootprint.wordpress.com/2014/03/31/resensi-assassins-creed-3-the-secret-crusade/

https://id.wikipedia.org/wiki/Hassasin

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s