brand weer – onthouding voor uitval

Picture: here
Picture: here

Pagi itu sekitar tiga bulan sebelum berakhir tahun 2016, kami dan seorang kawan pergi berjalan beriringan menuju kantor bekas induk semang kami dahulu. Ada beberapa berkas nan mesti ditanda-tangani. Pagi menjelang tengah hari, udara cukup sejuk dan matahari bersinar cerah, dari jauh seorang kawan kantor bersorak menggoda kami “Duhai serupa anak bujang dan gadis kalian berdua berjalan..”

Ada-ada saja, tapi kami senang sebab disangka masih bujang. Begitu kami sampai di hadapan rumah dinas Tuan Ketua Dewan, kami dapati sebuah oto milik Pemadam Kebakaran. Semula kami tiada perhatikan, namun ada nan ganjil, tiada beratap ia, lalu kami perhatikan lebih dalam, ah mesinnya ada di hadapan bukan di bawah tempat duduk sopir.

_____________
Fire fighter trucks from the colonial era in Bukit Tinggi West Sumatera, Indonesia.
____________________

“Ah, oto pemadam lama ini agaknya..” seru kami.

Kawan kami ikut memperhatikan “Benarkah agaknya tuan..” serunya. Kami berjalan ke arah kanan sedangkan kawan kami ini berjalan ke arah kiri nan bersebelahan dengan jalan. Sempat pula ia tegak menjengukkan kepalanya ke dalam.

“Agaknya ini peninggalan Belanda, ampun, masih bagus ia..” puji kami karena oto ini masih dapat berjalan, bersih catnya, dan tiada kesan tua sama sekali.

“Apa ini artinya tuan?” tunjuk kawan kami kepada tulisan yang terdapat di badan oto; brand weer – onthouding voor uitval.

Kami tiada tahu apa gerangan artinya, namun kami yakin pastilah ada hubungannya dengan Pemadam Kebakaran. Mungkin saja falsafah; pantang pulang sebelum padam berasal dari tulisan Belanda itu. Entahlah..

Karena takut disoraki orang, atau malah disangka hendak memaling oto antik itu maka segera kami bawa kawan kami ini melanjutkan perjalanan. Ketika itu jalanan agak lengang, satu-dua orang berselisih menjemput anaknya di Taman Kanak-kanak nan terletak tak jauh dari kantor kami.

O ya, kalau ada diantara tuan, engku, rangkayo, serta encik yang tahu arti dari tulisan Belanda itu, sudilah memberi tahu kami.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s