Tiga Peringatan di Oktober 2016

Picture: Here
Picture: Here

Akhir September dan awal Oktober tahun ini[1] banyak peristiwa penting nan diperingati. Dimulai dengan gempa nan melanda Sumatera Barat pada tahun 2009 tujuh tahun nan silam. Gempa itu terjadi pada pukul lima lewat enam belas menit yang hampir dirasakan oleh seluruh negeri di propinsi ini. Bandar Padang dan beberapa daerah lainnya mengalami dampak yang sangat parah, banyak bangunan bertingkat nan roboh, menghimpit orang-orang nan berada di dalamnya, bahkan ada nan sampai meninggal. Menurut berita nan disiarkan gempa itu berkekuatan 7,6 Skala Richter membuat kehidupan di negeri kami diliputi kedukaan. Jaringan listrik, air minum, makanan, dan obat-obatan pada beberapa daerah menjadi terhambat. Pada keesokan harinya yakni pada tanggal 1 Oktober terjadi kembali gempa namun kali ini dengan kekuata 6,8 Skala Richter.

Picture: Here
Picture: Here

Peristiwa penting berikutnya nan diperingati ialah hari kelam dalam republik ini, pada malam 30 September hingga dini hari tanggal 1 Oktober terjadi kekejian nan sangat memilukan. Enam orang jenderal serta satu orang Ajudan Jenderal yang disangka jenderal oleh para Komunis ditangkap, dibawa ke Lubang Buaya, dan kemudian di siksa sampai mati. Mereka ialah para petinggi militer yang dikenal Anti Komunis. Peristiwa itu dikenal dengan nama Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia atau biasa disingkat G 30 S PKI. Kejadian itu berlaku pada tahun 1965 dan berhasil ditumpas.

Namun para Komunis hingga saat ini masih mencibir bahwa kejadian itu rekaan Soeharto untuk mengkudeta Soekarno. Komunis yang semenjak hadirnya di negeri ini selalu meninggalkan jejak darah disetiap langkahnya. Bahkan di negeri kami kekejamannya tiada duanya.

Picture: Here
Picture: Here

Berikutnya ialah peringatan tahun baru Hijriyah yang jatuh pada tanggal 2 Oktober. Tahun baru bagi umat Islam namun di Indonesia serta pada beberapa negara muslim lainnya penanggalan hijriyah ini tiada digunakan secara resmi.

Engku, rangkayo, serta encik sekalian. Marilah kita mengenang, mengingat, dan mempelajari hakikat dari semua kejadian ini. Semoga pada kehidupan kita dimasa mendatang dapat menjadi pertanda dan pelajaran. Mari kita mengenang kekejaman Komunis, mari kita berdo’a bagi para korban gempa.

Serta,.

Selamat Merayakan Tahun Baru Hijriyah 1 Muharam 1438.

 

___________________________________

Catatan Kaki:

[1] 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s