Watching The Martian

Picture: Here

Alone

Sanggupkah engku, rangkayo, serta encik sekalian hidup seorang diri di suatu tempat? Tak ada orang yang dapat dibawa bercakap, bergurau, ataupun bermain. Mesti dapat memenuhi kebutuhan hidup sendiri, dan yang paling buruknya ialah engku hidup sendiri di tempat yang kurang oksigen untuk bernafas, sehingga tanaman tiada dapat tumbuh kecuali di dalam ruangan yang telah diatur suhu dan tekanan udaranya.

Bagaimana pula perasaan engku tatkala jarak engku berjuta kilometer dari planet bumi?

Itulah dikisahkan oleh filem nan berjudul The Martian yang dibintangi oleh Matt Damon. Judul filem ini sendiri berarti “Orang Mars” yang mengacu kepada Mark Watney yang diperankan oleh Matt Damon yang tertinggal dalam misi di Mars. Ia disangka sudah meninggal sehingga terpaksa sang kapten yang bernama Melissa Lewis mengambil keputusan untuk meninggalkannya.

Disinilah pertualangan itu dimulai, pertualangam Mark Watney yang ternyata masih hidup. Ia terpaksa menunggu hingga masa 3 tahun untuk dijemput. Selama masa menanti itu Mark yang seorang ahli botani memanfaatkan ilmunya untuk bertahan hidup di planet tersebut. Disini terpakailah ungkapan orang tua di kampung kami “Orang yang banyak ilmu, lapang dunia olehnya..” Hal mana mengingatkan kami kepada filem My Name is Khan yang diperankan Shah Rukh Khan, dimana dalam filem tersebut ia memerankan orang yang memiliki banyak kepandaian sehingga dapat bertahan hidup walau tiada uang se senpun di dalam sakunya.

Ada hal lain nan menjadi catatan bagi kami pada filem ini. Kami tertarik sekali dengan sosok Kapten Lewis yang seorang perempuan. Dalam memimpin anggotanya ia tidak keras apalagi kasar namun cukup dengan memperlihatkan ketegasan. Menjadi pemimpin tidak mesti angkuh apalagi sombong, melainkan tetap apa adanya. Namun banyak orang salah faham dengan orang serupa ini, anggapan mereka orang ini lemah.

Kami terkenang pada masa dahulu pernah ditanya oleh seorang kawan “Apa perbedaan antara tegas, keras, dan kasar engku?”

Kami terdiam tiada dapat menjawab. Si kawanpun menjawab sendiri pertanyaannya “Ketiga hal itu berlainan engku, banyak orang beranggapan ianya sama. Bagi orang-orang tak berotak, berakal singkat, dan bermental kuli ketiganya ialah sama. Keras bersifat tak hendak mendengarkan pendapat orang lain, beraja dihati, selalu berpandangan pendapatnyalah yang benar. Kasar ialah sombong, tak pandai menenggang orang lain, tak memiliki perasaan, dan hatinya tiada digunakan. Adapun tegas ialah orang yang teguh pendirian, tidak mudah menyerah dan patah semangat, berketetapan hati, jernih fikiran, serta lurus jiwanya..”

Kami terkenang dengan salah seorang mantan induk semang kami di bandar tempat kami bekerja dahulu. Seorang perempuan, satu tahun di atas kami umurnya namun di masa nan semuda itu ia telah berhasil menduduki jabatan cukup penting. Ketika itu kawan-kawan sekantor berpandangan kalau ia tidak tegas sebagai pimpinan. Kami tersenyum saja, menurut kami sebagai seorang pemimpin ia sudah tegas namun sayangnya orang-orang ini terbiasa diperintah oleh pemimpin yang keras dan kasar sehingga mereka tiada berpandangan demikian. Mereka melawan dan bersikap kurang ajar..

Sosok Kapten Lewis membuat kami terkenang dengan mantan induk semang kami itu.

“Tentulah demikian, segerombolan kera hanya dapat diperintah oleh Raja Kera bukan oleh Raja atau Ratu manusia…” pendapat kawan kami.

Dan memang demikian, Kapten Lewis memimpin sekelompok astronot yang memang secara intelektual telah diakui. Berlainan dengan sekelompok orang yang terbiasa diperintah dengan cara kuli, mereka takkan pernah mengerti bahwa mereka diperlakukan lebih beradab. Sebab dalam pandangan mereka justeru sebaliknya, itu pertanda pemimpin yang lemah.

Namun akhirnya mereka sadar juga, tiada tahan mereka diperlakukan serupa binatang. Di salah satu bandar republik, kini mereka mulai mencoba untuk melawan.

Watching The Martian

View on Path

Trailer:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s