Boss VS Leader

Ilustrasi Gambar: Disini

Pernah beberapa kali mendapati postingan di media sosial ataupun di blog perihal perbedaan boss dengan pemimpin (leader). Namun baru beberapa saat yang lalu kami mengalami sendiri serupa apa itu perbedaan kedua jenis makhluk ini. Dan kami cukup bangga – terlepas dari segala kekurangannya – dengan pemimpin yang kami dapati tersebut.

Demikianlah pada suatu pekerjaan, sebuah rencana tidak berjalan sebagai mana mestinya, tak sesuai dengan yang diharapkan. Kebanyakan orang kesal, mengerutu, dan mencemooh karena memang ada yang dapat dijadikan kambing hitam atas kekurangan yang tengah terjadi. Resah dan gelisah, demikianlah keadaan ketika itu. Mengkritik menurut pandangan mereka namun sesungguhnya mencela menurut pandangan kami.

Disaat segala kekacauan nan berlaku, maka Leader yang sedari tadi mengamati segala keadaan yang terjadi akhirnya turun tangan. Dengan semangat diiringi  untaian senyum tak lepas dari wajah ia mengajak semua orang, dengan membawa satu solusi yang sederhana dimana dapat difikirkan dan dilakukan semua orang bahkan oleh anak buahnya yang pangkatnya paling rendah sekalipun. Namun disaat itu tak seorangpun yang memikirkannya, karena sibuk dengan kekesalan, kekecewaan, atau singkat kata mereka sibuk dengan segala energi negatif yang ketika itu sedang menyeruak.

Sang Leader akhirnya menularkan energi positif yang dimilikinya, memberikan jalan keluar atas kesulitan nan berlaku. Mulanya tak ada yang menanggapi namun perlahan-lahan satu, dua, tiga, dan akhirnya beberapa orangpun menurut juga. Akhirnya, improvisasi yang dilakukan Sang Leader membuahkan hasil, keadaan berubah menjadi lebih baik. Dan semua orangpun senang.

Namun kami yakin solusi yang diberikan Sang Leader takkan dikenang karena kebanyakan orang masih dikuasai energi negatif. Mereka masih melihat kekurangan Sang Leader bukan kelebihannya. Sebenarnya banyak solusi yang diberikannya pada setiap permasalahan yang berlaku dalam pekerjaan mereka, namun orang-orang lebih banyak memperhatikan kekurangan yang ada pada dirinya. Kamipun mengakui memang ada dan benar adanya kekurangan itu.

Hal ini menyadarkan kami bahwa kebanyakan orang di negeri kami lebih menyenangi seorang pemimpin yang suka bergaul, tertawa, bersenang-senang dengan anak buahnya, serta memperturutkan segala kehendak mereka. Dan ketika tersandung oleh masalah ataupun hambatan mereka akan segera mencari kambing hitam. Tentu saja, karena memang sebatas itu kemampuan mereka.

Benar kata orang, seorang pemimpin sesungguhnya mencerminkan kualitas orang yang dipimpinnya. Dan dalam hal ini seorang pemimpin yang disenangi, digemari, dan lebih cenderung anak buah kepada dirinya maka hal tersebut mencerminkan dirinya serta orang-orang yang cenderung kepada dirinya.

Kami pernah mendengar seorang pegawai senior berkata “Seorang pemimpin yang suka menjilat maka ia akan didekati dan disenangi oleh anak buah yang penjilat juga..”

Berikut ini ada beberapa tulisan yang dapat menggambarkan perbedaan Boss VS Leader:

  1. http://arsitekantara.blogspot.co.id/2015/11/perbedaan-memimpin-ala-boss-dan-leader.html

2. http://kurukuruland.blogspot.co.id/2015/07/ketahui-perbedaan-antara-seorang-leader.html

3. https://callmefadh.wordpress.com/2014/03/02/apa-bedanya-pemimpin-leader-dengan-pimpinan-boss/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s