Tuan Selalu Benar

Picture: Here

Dalam menjalani kehidupan ini acap kali kita tersua dengan masalah dan sebagian besar dari masalah itu disebabkan oleh manusia lain. Entah itu orang terdekat, kenalan, kawan di tempat kerja, lingkungan tempat tinggal, atau bahkan dari yang baru dikenal sekalipun. Demikianlah kalau sedang malang nasib seseorang, dengan yang baru dikenalpun dapat pula kena masalah. Misalnya seorang tukang tipu, tukang hipnotis, atau orang lain nan sekadar iseng dengan kita.

Apabila masalah telah tiba maka gundah, resah, dan gelisahpun ikut pula menjelang. Berkawan karib mereka itu, satu tiba maka nan lain ikut pula datang. Saling panggil memanggil mereka itu dan akibatnya nan sedang dirundung malang akan semakin merana.

Ada nan berkata “Usah dirisaukan, jangan difikirkan benar perkara itu..” namun segala nasehat itu hanyalah angin lalu saja karena hati inipun berdalih “Ah, engkau tiada merasa, tiada mengalami, pandai bercakap saja..”

Memang dalam hidup ini kita takkan bisa menghindari akan adanya orang-orang nan benci akan kita. Kemanapun pergi maka akan tersua mereka itu, serupa kecebong yang ada dimana-mana. Maka pandai-pandai sajalah bermain-main dengan mereka itu karena kita mesti hadapi dan mesti dijalani.

Kami yakin dengan hukum karma, suatu saat kelak segala perlakukan buruk mereka itu akan terbalas jua. Mungkin menurut mereka, mereka benar namun nan menjadi hakim bukan mereka. Sabar dan berdo’a, semoga kazaliman ini usai dan kita mendapat kebahagiaan nan selama ini diimpikan.

Keras nan engkau perlihatkan
Orang lain banyak nan lebih keras engkau

Harta yang engkau banggakan
Orang lain banyak pula nan berharta

Jabatan yang engkau tunjukkan
Orang lain banyak pula nan berpangkat

Cerdik yang engkau sombongkan
Orang lainpun banyak nan lebih cerdik

[Petuah orang tua-tua]

Advertisements

One thought on “Tuan Selalu Benar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s