Maze Runner

Picture: Here

Semula kami acuh saja dengan filem nan satu ini, sama agaknya dengan filem-filem nan berjeniskan sama. Tiada menarik minat kami, berkisah perihal dunia khayalan dimasa depan. Namun, terpengaruh juga kami dengan berbagai pemberitaan nan memberikan pujian kepada filem ini. Akhirnya kami menyerah, di download juga lah filem nan ciat[1] ini.

Dan, benar adanya kami telah salah mengira. Filem ini tiada serupa dengan filem-filem nan lain. Ceritanya lebih menarik dan membuat kami penasaran dengan akhirnya. Kami yakin filem ini pastilah memiliki kelanjutan. Dan sangkaan kami itu terbukti di akhir filem ini.

Berkisah perihal sekelompok anak bujang remaja nan menjadi percobaan bagi ilmuwan di masa depan. Dunia telah berubah karena terjangkit suatu virus yang bernama “The Flare”. Setelah kami tanyakan kepada Pak Uwo Google, flare rupanya memiliki banyak arti yaitu: suar, gejolak, cerawat, marak, dan berkobar. Entah mana diantara arti itu yang cocok.

Virus ini apabila telah menginfeksi manusia makan akan mengubah manusia menjadi “The Cranks”. Setelah kami tanyakan pula ke Pak Uwo Google didapat arti “Orang Aneh”. Memang cocok..

Anak-anak ini ditempatkan dalam labirin guna diuji kemampuan otak mereka. Sebab virus tersebut menyerang otak manusia. Tujuannya ialah untuk menemukan obat penangkal virus Flare ini.

Segala kegiatan keseharian, watak, cara berfikir, tingkah laku, dan lain sebagainya diperhatikan. Tentunya tanpa sepengtahuan anak-anak ini. Setiap anak datang melalui sebuah lift yang dikenal dengan nama “The Box” oleh anak-anak. Mereka menamakan tempat mereka tinggal – nan berada di tengah-tengah labirin – dengan julukan “The Glade” yang berarti tempat terbuka di hutan atau tanah lapang, karena memang demikianlah adanya.

Setiap hari mereka menjalani kegiatan nan sama, kecuali selepas kedatangan Thomas nan menjadi bintang dalam filem ini. Ia memiliki cara berfikir lain, ia penuh rasa ingin tahu, memiliki banyak pertanyaan, dan hendak mencoba menjadi “Pelari” dimana hanya pelari nan dibolehkan keluar dari The Glade. Larangan ini diterapkan untuk melindungi para penghuni The Glade karena pada malam hari disaat pintu labirin ditutup berkeliaran makhluk raksasa setengah mesin yang bentuknya serupa dengan laba-laba. Makhluk ini bernama The Griever. Sayang Pak Uwo tak tahu arti kata nan satu ini.

Demikianlah, berbagai kejadian beruntun datang, kemalangan akhirnya menimpa mereka nan ada di Tanah Lapang (The Glade). Karena Thomas dan Min Ho mencoba mencari jalan untuk keluar maka seluruh penduduk kena hukum, gerbang Labirin tak ditutup pada malam hari. Akibatnya The Glade mendapat serangan dari The Griever, banyak nan mati.

Pada keesokan Thomas berhasil membawa beberapa orang kawan-kawannya untuk keluar dari Labirin – setelah bersengketa dengan Gally tentunya – dan sampai di laboratorium tempat kendali kehidupan di Labirin berada. Disini mereka mendapat semua jawapan atas pertanyaan mereka, namun ini belum berakhir.

Selepas menonton filem ini, terfikirkan oleh kami bahwa kisah pada filem nan sebenarnya diangkat dari sebuah roman memiliki pesan tersembunyi kepada para pembacanya. Sama kiranya dengan kehidupan nan kita jalani, ada orang nan biasa-biasa saja, tiada hendak mengambil resiko dan sudah merasa nyaman dengan apa nan ada, tidak banyak bertanya, dan menerima segala sesuatu nan lazim didapatinya dalam hidup ini apa adanya, percaya begitu saja.

Namun ada jua orang nan memiliki rasa ingin tahu begitu besar, tak mudah percaya pada apa nan didapat dan selalu mengajukan pertanyaan. Tiada hendak menerima segala sesuatu apa adanya, selalu memiliki pertanyaan nan membuat tak nyaman. Apakah tak nyaman bagi orang lain atau tak nyaman bagi penguasa.

Orang-orang nan tiada suka diatur dan selalu bertanya “Siapa nan memberi engkau kekuasaan untuk mengatur kami? Kenapa bukan kami nan mengatur engkau?”..

Demikianlah, selamat menonton filem ini. Kami filem kedua nan merupakan lanjutannya telah keluar pula. Sedang kami download tatkala mengetik tulisan ini..

__________

[1] Satu, hitangan dalam bahasa Minangkabau

Advertisements

One thought on “Maze Runner

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s