Jhon Q: Upaya Seorang Ayah

Picture: Here

Sudah tiga belas tahun umur filem ini kalau kami tiada salah, tahun 2002 dibuatnya. Ketika itu kami masih sekolah di SMA, pergi ke pasar di bandar untuk membeli filem, dapatlah filem ini.

Denzel Wahsington memerankan Jhon Quincy Achibald, seorang ayah dari seorang anak yang mengalami gagal jantung. Anak bujangnya hanya memiliki dua pilihan segera dioperasi  atau segera menghadap Yang Kuasa.

Karena ketiadaan asuransi dan biaya operasi yang mahal, membuat Jhon kepayahan. Disaat ia sedang mengusahakan uang nan diminta, dia mendapat kabar dari isterinya kalau anaknya hendak dikeluarkan.

Gundah, galau, dan marah membuat Jhon memutuskan untuk melakukan penyanderaan di rumah sakit. Ancamannya hanya satu, segera anaknya dioperasi. Demikianlah, disaat terdesak tak ada pilihan seorang ayah akan melakukan segala daya dan upaya nan ada, nan terfikirkan, dan nan sanggup ia lakukan.

Anaknya berhasil dioperasi namun Jhon mesti dihukum, walau bagaimanapun ia telah melanggar hukum. Banyak orang nan mendukung dirinya mendoakan agar  ia terbebas dari hukuman.

Demikian, tak kuat jauh dari anak, tak kuasa menahan anak, dan tak ada pilihan agar anak tetap tinggal bersama dirinya telah membuat seorang ayah melakukan hal-hal nan tak terfikirkan dan masuk akal. Walau bukan kita nan mengandung, tapi bukan berarti rasa sayang seorang ibu jauh lebih besar dari sayang seorang ayah. Tidak, air mata ibu lari keluar, air mata ayah lari ke dalam.

Advertisements

One thought on “Jhon Q: Upaya Seorang Ayah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s