Calon orang Hebat

DSC09206Suatu petang di Kota Padang, tatkala kami dalam perjalan pulang mengantar isteri memeriksakan diri kepada dokter kami bersua dengan dua orang kanak-kanak. Kami bersua dengan mereka pada salah satu masjid kampus di kota ini. Kedua kanak-kanak itu sedang membongkar tempat sampah yang ada di kawasan masjid. Mereka mencari-cari gelas plastik bekas air mineral.

Pakaian mereka lusuh, namun ada memakai topi, mereka membawa dua kantong plastik besar yang dipakai untuk menyimpan berang-barang yang berhasil mereka dapatkan. Kalau dalam segi usia kami kurang pandai menaksir usia mereka. Kami hanya dapat menerka yang sulung kira-kira berusia 10-12 tahun sedangkan sang adik berpaut usia setahun atau dua tahun dengan abangnya.

Sedih bercampur kasihan melihat kedua anak-anak ini, pada bulan puasa ini[1]. Menjalankan ibadah puasa di kota yang terkenal panas ini sungguh membuat kami kewalahan. Namun tampaknya tak demikian dengan kedua anak-anak ini mungkin mereka telah pandai menyesuaikan diri dengan keadaan alam, keadaan diri, serta nasib mereka. Atau justeru kedua anak-anak ini tak puasa? Entahlah..

Bagaimana mereka akan berhari-raya esok? Adakah mereka ada dibelikan baju baru oleh orang tua atau entah dengan siapa mereka tinggal? Adakah mereka bahagia di bulan puasa kali ini? Adakah mereka masih bersekolah?

Ketika kami panggil salah seorang diantara mereka untuk mendekat karena hendak kami bagikan sedikit rezki untuk mereka, dapat kami lihat pada sikap dan pandangan mata mereka kalau mereka memiliki sifat lembut dan pemalu. Terima kasih tak lupa terucap dari lisan si adik adapun si kakak pura-pura sibuk mengais-ngais tempat sampah.

Semoga Allah memberkahi kehidupan mereka, Amin..

[1] 1436 H

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s