Perumpamaan pada TITANIC

Ilustrasi Gambar: Internet*
Ilustrasi Gambar: Internet*

Beberapa waktu yang lalu kami menonton salah satu program acara pada salah satu stasiun televisi yang berpusat di Amerika. Program acara tersebut mengambil tema; Last Word James Cameron. James Cameron ialah sutradara dari File Titanic yang terkenal itu. Filem yang diproduksi pada tahun 1998 kalau kami tiada salah.

Saluran televisi baru kami ganti disaat program acara tersebut akan berakhir. Dan untung rupanya kami ganti karena disaat terakhir inilah James Cameron mengungkapkan makna sebenarnya dari filem yang dibuatnya tujuh belas tahun silam. Suatu pandangan yang sama sekali tiada kami duga dan tak sempat pula terfikirkan.

Kapal Titanic nan besar itu melambangkan kehidupan manusia yang terdiri atas beberapa kelas. Kelas atas yang beruang, memiliki kekuasaan, mempunyai akses terhadap segala fasilitas yang disediakan serta menikmatnya. Kelas menengah dan terakhir ialah kelas bawah yang menjadi objek dari segala hal, seperti kemiskinan, ketidak adilan (hukum, sosial, ataupun ekonomi), kriminalitas, dan lain sebagainya. Sama agaknya dengan keadaan sekarang, ada negara maju dan ada pula negara dunia ketiga (negara melarat).

Disaat kritis seperti yang terjadi pada Kapal Titanic, rakyat kelas ataslah yang lebih dahulu mendapat layanan, akses menuju keselamatan. Pada filem Titanic digambarkan bagaimana penumpang kelas satulah yang lebih dahulu mendapat kesempatan untuk naik ke sikoci penyelamat, adapun penumpang lainnya harus bersabar menanti takdir yang sedang mengintai. Demikian pula keadaannya di kehidupan nyata dimana rakyat kelas ataslah yang lebih dahulu mendapat pelayanan sedangkan rakyat kelas bawah mesti menanti, mengurus berbagai surat-persuratan.

Suatu perumpamaan yang sangat tragis sekali yang dibuat oleh James Cameron, menurut kami. Karena memang demikianlah keadaan dunia kita pada masa sekarang. Tak perlu melihat jauh-jauh, di sekitar kita sangat banyak contoh yang dapat diambil. Apalagi dimasa sekarang, semuanya telah diliberalkan..

*http://m.infospesial.net/7/kecelakaan-kapal-costa-concordia-mirip-seperti-titanic/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s