Alamak kena Pakuak

Ilustrasi Gambar: Internet*
Ilustrasi Gambar: Internet*

Pada suatu ketika kami datang kemalaman di Bukit Tinggi, maklumlah pada hari Ahad kendaraan ramai apalagi pada petang hari yang ditambahi dengan mengiringi truk fuso. Selepas menunaikan shalat Magrib kami mendatangi sebuah tempat orang menjual nasi goreng di hadapan sebuah ruko yang telah ditutup. Tempat tersebut terletak tak jauh dari surau tempat kami shalat.

Nasi gorengnya biasa, tiada bersayur kecuali mentimun dan acar kemudian ditambahi kerupuk serta beberapa sayat daging yang sepertinya daging yang digulai. Hari dingin, berhujan pula lagi, ditambahi dengan perut yang kelaparan  maka habis jua nasi goreng itu. Tatkala hendak membayar kami dibuat terkejut dengan harga satu porsi nasi goreng di tempat ini, yakni delapan belas ribu rupiah, alamak dahsyat.

Sebenarnya ada pula satu tempat menjual nasi goreng, masih di dekat sini, namun karena kami ingin mencoba dan bertukar selera maka datanglah kami ke tempat ini. Tampaknya ini yang pertama dan terakhir kami datang ke sini. Di tempat yang satu lagi kami dikenakan biaya dua belas ribu, nasinya ada pakai sayur. Untuk ukuran ampera di tempat kami, harga yang dipatok sangatlah mahal. Kami pernah mendapat nasi goreng dengan harga enam dan tujuh ribu, banyak dan nikmat pula.

Ketika itu kami terkenang pula dengan acara makan tengah hari kami pada suatu hari nan juga berhujan. Karena ingin menukar selera maka kami pergi ke sebuah kedai yang belum pernah kami datangi untuk makan. Kami pesan telur mata sapi sebagai lauknya, sayurnya kurang dan nasinya kurang pula terasa nikmat, serta lado[1]nya sedikit pula. Tatkala telah selesai dan hendak membayar kami dikenakan biaya lima belas ribu, ampun. Makan pakai ayam saja di kedai ampera serupa ini dapat seharga tiga belas hingga empat belas ribu, kena pakuak kami dengan kedai ini.

Ada-ada saja pengalaman kami hendak mengisi perut, bagaimana kiranya dengan engku, rangkayo, serta encik sekalian?

* http://lphoto2.ask.fm/767/805/994/150003033-1ro01la-6s68m331hn8jelk/original/briptu5.jpg

[1] Cabe

Advertisements

One thought on “Alamak kena Pakuak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s