Datang & Pergi, semoga bersua kembali

Do'a selepas rapat
Do’a selepas rapat

“Engku Sutan Nagari Basa, engku sudah boleh istirahat..” ujar Engku Kepala Dinas dengan tersenyum ramah kepada kami tatkala memimpin apel pagi pada hari Rabu ini, kami terkejut dan beberapa orang kawan-kawan terutama para rangkayo tertawa tertahan seketika, dan kami mengubah posisi siap menjadi istirahat dengan malu-malu. Patutlah kami merasa ada yang janggal ketika Engku Kepala memberikan amanat, rupanya aba-aba dari Komandan Apel tiada terdengar oleh kami karena melamun, ditambah kami berbaris paling muka pula lagi. Sungguh St. Nagari berhentilah berbuat memalukan..

Selepas Apel Pagi pada hari Rabu tanggal 4 Februari 2015, kantor kami mengadakan acara serah terima jabatan karena beberapa orang pejabat di kantor kami mengalami mutasi. Walau telah empat tahun menjadi pegawai, ini merupakan kali pertama kami melihat serupa apa acara serah terima jabatan itu. Kamis kemarin telah diadakan acara makan-makan bersama sebagai tanda perpisahan.

Acara berlangsung di ruang kantor kami, tepatnya di ruang kerja Bidang Seni dan Budaya yang bersebelahan dengan ruang kerja kami di Bidang Museum dan Peninggalan Sejarah. Walau kami beri nama “ruangan” namun sesungguhnya bukanlah ruangan karena tiada bersekat, kecuali bagian keuangan dan Bidang Pariwisata, kami semua satu ruangan. Dengan ruangan yang serba terbatas tersebut ditambah kantor kami tiada memiliki ruang rapat maka demikianlah jadinya. Semoga kantor kami yang rencananya akan dibangun baru di tempat baru nanti memiliki ruangan rapat, amin.

Para rangkayo menagis dan berpelukan menahan perih "Sakitnya tu disini.."
Para rangkayo menagis dan berpelukan menahan perih “Sakitnya tu disini..”

Tidak semua kawan-kawan turut serta, ada yang langsung bekerja, ada yang permisi keluar sebentar guna mengurus keperluan yang tertunda, ada jua yang tegak-tegak sambil bercakap-cakap di halaman muka kantor kami. Ini semua karena keterbatasan kursi, semua kursi sudah habis akibatnya kami dan beberapa orang kawan tegak-tegak mengikuti acara perpisahan ini.

Kesemua pejabat yang datang dan pergi diberi kesempatan untuk memberikan sepatah ataupun dua patah kata, dan acara ini dipimpin sendiri Engku Kepala Dinas. Kesan daripada kami dari beberapa kata sambutan yang diberikan oleh para pejabat ialah beberapa orang pejabat agaknya berat hendak pergi, secara bathin mereka telah dekat dengan kantor beserta staf. Bahkan ada yang sampai sabak menahan tangis. Selepas rangkaian kata sambutan tersebut maka ditanda tanganilah berita acara serah terima jabatan antara pejabat yang baru dengan pejabat yang lama. Kemudian do’a dan selepas itu mulai ruangan kantor menjadi gaduh, bersalaman dengan para pejabat yang baru dan pejabat lama.

Selamat jalan rangkayo,..
Selamat jalan rangkayo,..

Suasana berubah menjadi sedih tatkala para staf bersalaman dengan pejabat lama, yang hendak pergi. Terutama para rangkayo yang sampai mengeluarkan air mata, mereka saling berpelukan pertanda tiada suka dengan keputusan pindah, namun apa hendak dikata, perintah mesti dijalanankan. Disaat para rangkayo bertangis-tangisan sambil berpelukan, para engku-engku hanya bersalaman saja, berharap kena peluk namun mereka yakin pastilah tiada dapat, apa kata dunia???.

Demikianlah, hari ini resmilah atasan kami berganti, pejabat yang pergi kebanyakan perempuan dan sebaliknya pejabat yang datang kebanyakan ialah laki-laki. Di bidang kami Kasi perempuan digantikan oleh Kasi lelaki, mantap..

Advertisements

4 thoughts on “Datang & Pergi, semoga bersua kembali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s