Perpisahan di Kantor

Ilustrasi Gambar: Internet
Ilustrasi Gambar: Internet

Tengah hari ini* diadakan makan bersama di kantor, acara makan-makan ini diselenggarakan oleh beberapa orang pejabat yang kena mutasi di kantor kami, perpisahan agaknya. Pengumuman mutasi datang ke kantor kami pada hari Jum’at nan silam, ribut orang perkara mutasi ini, setidaknya tiga orang pejabat kena mutasi, sekretaris dinas, satu orang kabid (Kepala Bidang), lima orang kasi (Kepala Seksi), dan satu orang kasubag (Kepala Sub Bagian).

Ini merupakan acara makan-makan pertama yang kami dapati di kantor ini, kami dengar sebelumnya kawan-kawan yang naik pangkat mengadakan makan-makan bersama pula, tanda kegedangan hati. Terkejut kami mendengarnya, kalau seandainya pengurusan naik pangkat kami  berjalan sesuai rencana berarti kami harus mengadakan acara makan-makan pula?

Dalam acara makan-makan ini segala hidangan dimasak di rumah  ibu kabid yang kena mutasi, nasi serta samba (Lauk) dimasak dirumahnya. Kami dimintai tolong untuk menjemput hidangan tersebut ke rumahnya yang tak jauh dari kantor. Bada[1] Mujair goreng, maco[2] sapek goreng balado dicampur dengan terong, gulai pucuk ubi, serta kerupuk demikianlah hidangan makan siang kami. Kesemuanya masakan rumah, lumayan terselamatkan perut dan kantong kami siang ini.

Adapun dengan Saidi Palindih tiada hendak ikut serta dengan kami “Tak biasa awak makan yang masiak-masiak[3] itu..” kilahnya. Cerita Saidi Palindih kepada kami dimasa ia kanak-kanak apabila tak ada samba maka bundanya akan membuatkan telur rebus untuk anak bujangnya ini. Akhirnya Saidi Palindih pergi sendiri ke tempat kami biasa makan tengah hari.

Demikianlah, sungguh berjasa makan tengah hari pada hari ini sebab paginya kami dan beberapa orang kawan bergotong royong membersihkan ruangan sekretaris karena ruangan tersebut akan dipakai oleh bagian keuangan. Adapun sekretaris yang baru akan mendempati ruangan bagian keuangan yang tepat berada di sebelah ruangan bidang kami. Ketika makanpun ruangan kantor belumlah bersih dan rapi benar, masih berserak-serak sebagian.

Bercakap perihal mutasi, kami agak terkejut, kurang senang, dan cemas dengan masuknya salah seorang pejabat yang menduduki posisi nomor dua di kantor kami. Tujuh bulan nan silam, tatkala kami baru pindah ke Bukit Tinggi, Orang Ini ikut pula memplonco kami, ketika itu dia menjabat sebagai salah seorang Kabid di instansi yang mengurus kepegawaian, sekarang naik pangkat ia. Entah apa yang akan berlaku kepada diri kami nantinya..

*Selasa 3 Februari 2015

[1] Ikan air tawar

[2] Ikan Asin

[3] Kering, dapat juga diartikan krenyes

Advertisements

4 thoughts on “Perpisahan di Kantor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s