Nan Tak Biasa, Dibiasakan

Ilustrasi Gambar: Internet
Ilustrasi Gambar: Internet

Tengah hari ini kami mendapati sebuah berita yang tak sengaja diputar oleh seorang kawan. Berita tersebut menceritakan perihal beberapa orang artis yang sedang hamil melakukan aksi fotografi ketika hamil. Yang membuat kami sedih ialah kebanyakan dari mereka dengan bangga berfoto seronok dengan memperlihatkan perut mereka yang tengah membesar. Hal tersebut didukung oleh infotainment yang menyebarkan berita tersebut. Kami sedih karena sebagian besar dari mereka ialah muslimah..

Ingatan kami terbang ke beberapa masa yang silam, ketika itu kami mendapat berita pada sebuah majalah perihal artis Hollywod melakukan aksi foto seronok dan dipampangkan pada sebuah majalah. Aksinya tersebut dianggap biasa, berani, dan mendapat pujian. Ketika itu kami terkejut dan merasa kasihan serta cemas “Akankah aksi serupa ini takkan sampai ke republik ini?”

Pertanyaan kami tahunan silam terjawab sudah, sekarang sudah ada yang memulai, untuk masa-masa berikutnya pastilah banyak yang akan mengikuti. Secara terang-terangan norma-norma tradisional serta norma-norma agama di republik ini diinjak-injak atas nama Kebebasan dan Seni.

Banyak “rakyat” di republik ini yang menuhankan berita di TV, kita telah melihat pada beberapa bulan yang silam – dan sekarangpun masih berjalan – dimana suara mereka sangat mudah untuk dibentuk dan diarahkan. Cepat atau lambat rakyat di republik ini akan memandang hal tersebut sebagai sesuatu yang “biasa”. Serupa agaknya dengan adegan “Ciuman Bibir” yang marajai di sebagian besar filem-filem Indonesia. Dahulu tatkala hal tersebut mula-mula berlaku ramai orang memprotesnya. Namun sekarang, tiada berdaya awak dibuat agaknya..

Na’uzubillah..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s