DeJaVu

Sumber:http://muhammadardhito.blogspot.com/2011/05/zidane-menanduk-materazzi.html
Sumber:http://muhammadardhito.blogspot.com/2011/05/zidane-menanduk-materazzi.html

Terkenang kami akan masa delapan tahun yang silam, semasa kuliah dahulu kami magang di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bukittinggi dan sekarang kami kembali ke kantor ini namun bukan sebagai pegawai magang melainkan sebagai salah seorang pegawai di sana. Yang tak pula kami lupakan ialah dihari pertama kami masuk pada delapan tahun yang silam bertepatan pula dengan malam final Piala Dunia. Ketika itu yang berhadapan di final ialah Perancis melawan Italia yang takkan pernah kami lupakan pertandingannya.

Pertandingan ini dikenang sebagai salah pertandingan tergalia karena Pemain Italia yang berbadan tunjang yang bernama Materazi melakukan tindakan memanas-manasi (provokasi) terhadap pemain unggulan Perancis yang bernama Zidane Zidan yang beragama Islam. Materazi mengatakan sesuatu yang memancing amarah dari Zidan sehingga Zidan menanduk dada Materazi. Akibatnya Zidan mendapat kartu merah dari wasit dan Perancispun kehilangan panglima perangnya. Sama kiranya dengan keadaan Barzilia di Piala Dunia sekarang yang kehilangan Neymar. Akhirnya Italia meraih piala dunia, kalau tidak salah saat itu ialah tahun 2006.

Semalampun kami menonton pila dunia pula antara Jerman melawan Argentina, akhirnya Jerman berhasil jua mengalahkan Argentina walau dengan sangat susah payah. Iba kami melihat Lionel Messi yang bermuram durja tatkala pluit panjang dihembuskan oleh wasit, negaranya kalah, impiannya tak kesampaian. Bahkan ketika mendapat penghargaan The Golden Ball pun dia tetap tak tersenyum. Sudah payah para penggemarnya mengembangkan tangan agar dapat bersalaman, namun Messi tak hendak “Hati awak sedang sedih..” mungkin demikianlah suara hatinya..

Kata orang “dejavu” tapi kami tiada pula faham-faham benar. Kantor yang sama, tempat yang sama, keadaan kantor yang hampir sama. Hanya orang-orangnya saja yang berbeda. Atau kami yang tiada dapat mengingat mereka..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s